Sampah sebagai Masalah Umum - MARGOSARI MESIN
Headlines News :
Home » » Sampah sebagai Masalah Umum

Sampah sebagai Masalah Umum

Written By Margosari Mesin on Saturday, July 29, 2023 | 1:15:00 AM

    


    Sampah merupakan sisa kegiatan sehari-hari manusia dan/atau proses alam yang berbentuk padat. Sampah seringkali mengacu pada material sisa yang tidak diinginkan atau tidak bermanfaat bagi manusia setelah berakhirnya suatu kegiatan atau proses domestik. Untuk buangan industri, material yang tidak diinginkan biasanya disebut dengan limbah.

    Sampah memiliki dampak buruk jika terus menerus dibiarkan begitu saja. Masalah yang sering terjadi akibat sampah yang tidak dikelola ini ialah bau tak sedap, merusak pemandangan, pencemaran lingkungan, banyaknya binatang-binatang pengerat, saluran air yang tersumbat sampai dengan banjir.

    Di Indonesia, masalah sampah sudah menjadi masalah yang cukup general dan memerlukan perhatian khusus. Sejatinya penyuluhan terkait pengelolaan sampah sendiri telah disosialisasikan oleh pihak-pihak terkait secara aktif, namun masih saja hal ini belum menghasilkan dampak yang signifikan. Masih banyak oknum-oknum yang secara sengaja membuang sampah rumah tangga ke sungai, selokan dan tempat-tempat terbuka begitu saja. Adanya peraturan tak menjadikan mereka jera dan takut melakukan hal tersebut.

Lalu, bagaimana caranya kita bisa ikut serta berkontribusi dalam menyelesaikan masalah sampah ini?

    Ada banyak langkah-langkah kecil yang bisa kita lakukan untuk berkontribusi dalam penanganan sampah ini terutama sampah plastik, diantaranya yaitu : 

1. Mengganti kantong plastik dengan kantong belanja

          Membawa kantong belanja sendiri saat belanja atau bepergian adalah cara yang paling mudah untuk berkontribusi mengurangi sampah pribadi. Dengan membawa sendiri kantong belanja kita tidak memerlukan plastik untuk membawa barang bawaan kita. Selain mudah, membawa kantong sendiri juga membuat kita berhemat, hemat tempat meletakkanya dan hemat biaya juga.

2. Mengganti botol kemasan dengan tumbler

        Membiasakan diri untuk membawa minum sendiri dengan menggunakan botol atau tumbler yang tidak sekali pakai, membantu dalam pengurangan sampah plastik. Kemudian, dibarengi dengan mendatangi tempat-tempat yang menyediakan refil air putih.

3. Mengganti kertas makan/sterofoam dengan piring atau mangkuk sendiri

    Sterofoam merupakan bahan yang sulit terurai. Maka, sebisa mungkin kita mengurangi penggunaanya, dengan mengurangi pemesanan makanan melalui online, atau jika Anda sebagi pelaku usaha dapat menggantinya dengan kertas karton atau yang lainnya. Apabila ingin membeli makanan dari pedagang kaki lima kita juga dapat membawa piring atau mangkuk sendiri agar tak perlu membungkusnya menggunakan plastik.

4. Mengganti sedotan plastik dengan sedotan bambu atau kertas atau stainless yang tidak sekali pakai

5. Mengurangi membeli makanan dan minuman kemasan

        Selain dapat menanggulangi banyaknya pemakaian sampah plastik, cara ini juga dapat membantu kita berhemat dan menjaga kesehatan tubuh.

6. Melakukan daur ulang sampah plastik

        Untuk mengurangi banyaknya plastik yang kita buang, kita dapat melakukan cara ini sebagai solusinya. Memang tidak semua plastik dapat di daur ulang, namun beberapa yang dapat kita daur ulang seperti botol bekas air mineral, bungkus kopi atau deterjen, botol sampo dan masih banyak lagi. Selain mengurangi sampah, kegiatan daur ulang juga dapat menambah kreativitas.

7. Memperbaiki barang-barang rusak

          Memperbaiki barang-barang yang rusak agar bisa kita gunakan kembali seperti barang-barang elektronik, baju yang sobek tidak terlalu besar dan lain-lain dapat menjadi salah satu langkah untuk mengurangi produksi sampah.

8. Tidak belanja berlebihan

        Nyatanya sampah tidak hanya berupa plastik. Makanan sisa, sayuran dan buah-buahan busuk, kertas bekas bungkusan nasi juga merupakan sampah yang cukup mendominasi. Untuk menguranginya kita dapat membeli barang-barang tersebut secukupnya saja sehingga habis untuk di konsumsi.

Demikian beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi produksi sampah di lingkungan kita. 


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

PENGIRIMAN MESIN PENGAYAK KOMPOS

PENGIRIMAN MESIN PENGHANCUR SAMPAH

PENGIRIMAN MESIN PENGHANCUR KAYU

PENGIRIMAN MESIN PRESS

MESIN PENGHANCUR PLASTIK

CARI MESIN SILAHKAN KETIK DI SINI

TENTANG KAMI

Margosari Mesin adalah penyedia mesin-mesin berbasis rekayasa tepat guna, Margosari Mesin memiliki berbagai macam varian produk mesin-mesin pengolahan makanan, mesin pertanian, mesin peternakan, mesin perikanan dan mesin perkebunan. Harga yang kami tawarkan cukup terjangkau. Kualitas produk dan kepuasan pelanggan adalah prioritas utama kami,bukanlah hanya sekedar motto yang tertera dalam brosur-brosur perusahaan, akan tetapi segenap management memahami betul bahwa Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan lah yang membuat Margosari mesin ini berkembang terus dari tahun ke tahun sampai saat ini. Margosari Mesin menitik beratkan dalam memproduksi mesin-mesin industri yang di butuhkan oleh masyarakat pengusaha kecil menengah, yang bertujuan turut serta dalam meningkatkan industri masyarakat dengan menyediakan mesin-mesin industri dengan harga terjangkau. Industri masyarakat tidak tergantung lagi mesin-mesin buatan luar negeri.

CUSTOMER SERVICE

Popular Posts

 
Support : Creating Website | MARGOSARI MESIN | MARGOSARI MESIN
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. MARGOSARI MESIN - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by MARGOSARI MESIN