Camilan Khas Penggugah Selera - MARGOSARI MESIN
Headlines News :
Home » » Camilan Khas Penggugah Selera

Camilan Khas Penggugah Selera

Written By Margosari Mesin on Monday, August 19, 2024 | 11:59:00 PM

Dodol Garut merupakan salah satu camilan tradisional yang sangat populer di Indonesia, khususnya di daerah asalnya yakni Garut, Jawa Barat. Makanan ini dikenal karena rasa manis dan tekstur kenyalnya yang khas. Selain menjadi oleh-oleh yang digemari, dodol Garut juga melambangkan kekayaan budaya kuliner Indonesia. Dodol telah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan merupakan bagian dari tradisi kuliner masyarakat Sunda. Menurut beberapa sumber, dodol Garut merupakan hasil adaptasi dari dodol yang berasal dari Timur Tengah dan Asia Tenggara, yang kemudian dimodifikasi dengan bahan lokal dan rasa khas daerah Garut.

Dodol Garut

Dodol Garut dibuat dari bahan-bahan dasar yang sederhana namun menghasilkan rasa yang sangat lezat. Bahan utama yang digunakan meliputi ketan, kelapa, gula merah, dan air daun pandan. Proses pembuatan dodol Garut melibatkan langkah-langkah berikut :

1. Persiapan Bahan

Ketan direndam terlebih dahulu untuk memudahkan proses pengolahan. Gula merah diparut, dan kelapa diserut halus.

2. Pengolahan

Ketan dimasak dengan air hingga setengah matang. Kemudian dicampurkan dengan gula merah dan kelapa serut. Semua bahan dicampur dan dimasak dalam wajan besar sambil terus diaduk untuk mencegah gosong.

3. Pemasakan

Campuran tersebut dimasak hingga mengental dan menjadi adonan yang kental dan lengket. Proses ini memerlukan waktu yang cukup lama dan memerlukan kesabaran.

4. Penyejukkan

Setelah matang, dodol dipindahkan ke dalam cetakan dan didiamkan hingga dingin dan mengeras.

 

Dodol Garut tersedia dalam berbagai variasi rasa dan bentuk. Beberapa variasi yang populer termasuk dodol dengan tambahan kacang, buah-buahan, atau rempah-rempah. Dodol ini biasanya dipotong-potong dan dibungkus dengan daun pisang atau plastik untuk kemasan.

Dodol Rasa

Dalam penyajian, dodol Garut sering kali dijadikan sebagai oleh-oleh atau camilan saat acara-acara khusus. Rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal membuatnya sangat disukai oleh banyak orang.

Dodol Garut bukan hanya camilan yang lezat, tetapi juga memiliki peran penting dalam budaya dan ekonomi lokal. Dalam konteks budaya, dodol Garut sering disajikan pada acara-acara adat dan perayaan. Dari segi ekonomi, produksi dodol Garut memberikan lapangan kerja bagi banyak warga Garut dan menjadi salah satu komoditas unggulan dalam sektor oleh-oleh.

__________________________________________________________________________

MARGOSARI MESIN

Jam Operasional          : Senin-Sabtu, 08.00-16.00

Alamat                        : Jalan KRT. Kertodiningrat, Karangtengah Kidul RT 10/05 Margosari, Pengasih, Kulon Progo, DI Yogyakarta


Yuk, buruan cek website kami https://margosarimesin.com dan pesan sekarang juga!!!

Untuk informasi dan pemesanan lebih lanjut, kamu dapat menghubungi nomor berikut ini!

https://wa.me/6285326738733

Atau temukan sosial media kami

Facebook https://www.facebook.com/margosari.mesin

Instagram https://www.instagram.com/margosarimesin

Youtube https://youtube.com/@margosarimesin


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Arsip Mesin

Followers

PENGIRIMAN MESIN PENGAYAK KOMPOS

PENGIRIMAN MESIN PENGHANCUR SAMPAH

PENGIRIMAN MESIN PENGHANCUR KAYU

PENGIRIMAN MESIN PRESS

MESIN PENGHANCUR PLASTIK

CARI MESIN SILAHKAN KETIK DI SINI

TENTANG KAMI

Margosari Mesin adalah penyedia mesin-mesin berbasis rekayasa tepat guna, Margosari Mesin memiliki berbagai macam varian produk mesin-mesin pengolahan makanan, mesin pertanian, mesin peternakan, mesin perikanan dan mesin perkebunan. Harga yang kami tawarkan cukup terjangkau. Kualitas produk dan kepuasan pelanggan adalah prioritas utama kami,bukanlah hanya sekedar motto yang tertera dalam brosur-brosur perusahaan, akan tetapi segenap management memahami betul bahwa Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan lah yang membuat Margosari mesin ini berkembang terus dari tahun ke tahun sampai saat ini. Margosari Mesin menitik beratkan dalam memproduksi mesin-mesin industri yang di butuhkan oleh masyarakat pengusaha kecil menengah, yang bertujuan turut serta dalam meningkatkan industri masyarakat dengan menyediakan mesin-mesin industri dengan harga terjangkau. Industri masyarakat tidak tergantung lagi mesin-mesin buatan luar negeri.

CUSTOMER SERVICE

Popular Posts

 
Support : Creating Website | MARGOSARI MESIN | MARGOSARI MESIN
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. MARGOSARI MESIN - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by MARGOSARI MESIN