Mengais Manfaat dari Buah Kolang Kaling - MARGOSARI MESIN
Headlines News :
Home » » Mengais Manfaat dari Buah Kolang Kaling

Mengais Manfaat dari Buah Kolang Kaling

Written By Margosari Mesin on Thursday, November 23, 2023 | 11:59:00 PM

 

Jika mendengar kata kolang kaling apa yang terbersit di pikiran Anda? Yak, camilan yang sering dijadikan campuran es buah dan olahan lainnya ini menjadi sangat terkenal saat bulan Ramadhan. Banyak orang menjadikan kolang-kaling sebagai salah satu menu favorit saat berbuka puasa karena rasanya yang menyegarkan. Kolang-kaling berasal dari buah aren yang banyak di temukan di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, dan Fillipina. Di Indonesia kolang-kaling disebut juga sebagai buah atap atau buah aren.

Dikutip dari Wikipedia, kolang-kaling merupakan nama camilan kenyal berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan serta memiliki rasa yang menyegarkan. Kolang kaling yang dalam Bahasa Belanda biasa disebut glibbertjes yang secara harfiah berarti "benda-benda licin kecil" ini dibuat dari biji pohon aren (Arenga pinnata) yang berbentuk pipih dan bergetah.

Kolang-kaling memiliki kadar air yang sangat tinggi mencapai 93,8% dalam setiap 100 gramnya. Kolang-kaling juga mengandung 0,69 gram protein, 4 gram karbohidrat serta kadar abu sekitar 1 gram dan serat kasar 0,95 gram. Selain itu, kolang-kaling mengandung banyak zat gizi seperti galactomannan, vitamin C, zat besi, pati, serat, kalsium, dan fosfor. Kolang kaling sendiri dapat di olah menjadi berbagai macam olahan, baik untuk campuran maupun sebagai bahan baku. Contohnya manisan, bubur candil kolang-kaling, puding, kolak dan masih banyak lagi.

Kolang-kaling memiliki manfaat diantaranya sebagai berikut.

      1. Mencegah Penuaan Dini

Kolang kaling merupakan buah yang mengandung banyak senyawa Galactomannan. Yakni senyawa yang mampu menghambat zat pembentuk pigmen kulit serta mampu melawan radikal bebas pemicu penuaan dini. Selain itu kolang kaling juga memiliki kandungan kolagen yang berperan penting dalam membantu meremajakan kulit. Sehingga kulit tampak lebih sehat dan akan membuat Anda terlihat awet muda.

      2. Memperlancar pencernaan

Dalam 100 gram kolang kaling mengandung sekitar 1,6 gram serat tidak larut. Jenis serat ini mendukung pergerakan sistem pencernaan dan meningkatkan massa feses. Konsumsi makanan yang mengandung serat tidak larut bermanfaat untuk Anda yang sedang mengalami sembelit alias konstipasi. Selain dari kolang-kaling, serat tidak larut air dapat ditemukan dalam gandum, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

      3. Mengurangi resiko osteoporosis

Manfaat kolang-kaling berikutnya ialah dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Pasalnya kolang-kaling mengandung kalsium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kandungan kalsium pada kolang kaling juga berfungsi efektif menjaga fungsi saraf, otot dan hati. Di dalam kolang kaling juga terdapat kandungan fosfor. Sehingga kedua zat tersebut mampu membantu mencegah kepadatan tulang pada wanita setelah menopause.

      4. Menurunkan resiko penyakit kronis

Salah satu penyakit kronis yang dapat dicegah dengan konsumsi kolang-kaling ialah Kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) penyakit kanker telah mengakibatkan kematian sekitar 9,8 juta orang pada tahun 2018. Sehingga sejak dini harus ada upaya pencegahan. Kolang-kaling mengandung serat yang dapat menurunkan risiko penyakit kanker kolorektal. 

      5. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan berat badan sebaiknya mengonsumsi kolang-kaling. Pasalnya kandungan gelatin pada kolang-kaling berfungsi efektif menekan nafsu makan yang berlebihan. Sehingga hal ini dapat membantu Anda yang sedang menjalani program diet. Selain itu, kolang kaling juga mengandung karbohidrat tinggi yang dipercaya dapat membangkitkan energi bagi tubuh. 

      6. Mencegah Anemia

Anemia merupakan penyakit yang disebabkan karena kekurangan sel darah merah. Umumnya anemia ditandai dengan beberapa gejala, seperti sesak napas, pusing, kelelahan hingga detak jantung cepat. Salah satu cara mencegah penyakit anemia ialah mengonsumsi kolang-kaling. Dilansir dari laman Healthline, kolang-kaling memiliki kandungan zat besi yang berperan penting dalam memasok oksigen ke berbagai jaringan tubuh. Sehingga hal ini berfungsi efektif membantu tubuh dalam mencegah terjadinya anemia.

__________________________________________________________________________


Margosari Mesin menyediakan Mesin Pengolah Biji Kolang-kaling. Mesin ini akan membantu Anda dalam mempercepat proses produksi yakni pengupasan. Dengan adanya mesin ini proses produksi Anda akan lebih cepat.

MARGOSARI MESIN
Jam Operasional  : Senin-Sabtu, 08.00-16.00
Alamat                   : Jalan KRT. Kertodiningrat, Karangtengah Kidul RT 10/05 Margosari, Pengasih, Kulon Progo, DI Yogyakarta

Yuk, buruan cek website kami https://margosarimesin.com/ dan pesan sekarang juga!!!

Untuk informasi dan pemesanan lebih lanjut, kamu dapat menghubungi nomor berikut ini!

https://wa.me/6285326738733

Atau temukan sosial media kami

Facebook https://www.facebook.com/margosari.mesin

Instagram https://www.instagram.com/margosarimesin

Youtube https://youtube.com/@margosarimesin


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

PENGIRIMAN MESIN PENGAYAK KOMPOS

PENGIRIMAN MESIN PENGHANCUR SAMPAH

PENGIRIMAN MESIN PENGHANCUR KAYU

PENGIRIMAN MESIN PRESS

MESIN PENGHANCUR PLASTIK

CARI MESIN SILAHKAN KETIK DI SINI

TENTANG KAMI

Margosari Mesin adalah penyedia mesin-mesin berbasis rekayasa tepat guna, Margosari Mesin memiliki berbagai macam varian produk mesin-mesin pengolahan makanan, mesin pertanian, mesin peternakan, mesin perikanan dan mesin perkebunan. Harga yang kami tawarkan cukup terjangkau. Kualitas produk dan kepuasan pelanggan adalah prioritas utama kami,bukanlah hanya sekedar motto yang tertera dalam brosur-brosur perusahaan, akan tetapi segenap management memahami betul bahwa Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan lah yang membuat Margosari mesin ini berkembang terus dari tahun ke tahun sampai saat ini. Margosari Mesin menitik beratkan dalam memproduksi mesin-mesin industri yang di butuhkan oleh masyarakat pengusaha kecil menengah, yang bertujuan turut serta dalam meningkatkan industri masyarakat dengan menyediakan mesin-mesin industri dengan harga terjangkau. Industri masyarakat tidak tergantung lagi mesin-mesin buatan luar negeri.

CUSTOMER SERVICE

Popular Posts

 
Support : Creating Website | MARGOSARI MESIN | MARGOSARI MESIN
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. MARGOSARI MESIN - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by MARGOSARI MESIN