Solusi untuk Para Peternak yang Sulit Mendapatkan Pakan - MARGOSARI MESIN
Headlines News :
Home » » Solusi untuk Para Peternak yang Sulit Mendapatkan Pakan

Solusi untuk Para Peternak yang Sulit Mendapatkan Pakan

Written By Margosari Mesin on Wednesday, November 1, 2023 | 12:36:00 AM

 


Taukah kamu daun hijau dari gambar diatas?

Jika kamu menjawab rumput gajah atau kalanjana, kamu benar! Kita biasa menemuinya di sawah, di pinggiran lahan dan lain-lain. Tapi, taukah kamu apa itu sebenarnya rumput gajah atau kalanjana itu?

Mengutip dari Wikipedia Rumput Gajah atau yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai elephant grassnaper grass, atau Uganda grass merupakan rumput berukuran besar bernutrisi tinggi yang biasanya dipakai sebagai pakan ternak seperti sapikambinggajah, dll. Rmput Gajah bernama ilmiah Cenchrus purpureus. 

Umumnya rumput gajah tumbuh tegak lurus, merumpun lebat, tinggi tanaman dapat mencapai 7 meter, berbatang tebal dan keras, daun panjang, dan berbunga seperti es lilinRumput gajah mampu tumbuh subur di permukaan tanah dengan ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. 


Rumput gajah biasa digunakan para peternak untuk memberi makan ternak mereka. Untuk penggemukan sapi misalnya. Sebagian nutrisi yang diperlukan dipenuhi melalui pemberian pakan dari rumput ini. Selain sebagai makanan ternak, rumput gajah dapat dimanfaatkan untuk bahan produksi fiber, penahan erosi tanah, maupun sebagai pagar. 

Penanaman rumput ini bisa dibilang tidak terlalu rumit. Cukup dengan menanam batangnya dengan sudut tanam 45 derajat dengan panjang tiga sampai lima ruas. Kemudian setiap ruas akan muncul daun baru. Masa tanamnya juga relatif cepat Panen pertama rumput gajah dilakukan pada umur 90 hari pasca-tanam. Panen selanjutnya 40 hari sekali pada musim hujan dan 60 hari sekali pada musim kemarau. Rumput gajah biasa di tanam di  ladang, guludan, dan pematang sawah. Selain itu, rumput gajah dapat di tanam secara tumpang sari. Hal ini dapat berfungsi untuk mengurangi terpaan hembusan angin yang merobohkan tanaman lain.

Bagaimana, bisa jadi solusikan buat kamu yang lagi kesusahan buat nyari pakan? 


___________________________________________________________________________


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

PENGIRIMAN MESIN PENGAYAK KOMPOS

PENGIRIMAN MESIN PENGHANCUR SAMPAH

PENGIRIMAN MESIN PENGHANCUR KAYU

PENGIRIMAN MESIN PRESS

MESIN PENGHANCUR PLASTIK

CARI MESIN SILAHKAN KETIK DI SINI

TENTANG KAMI

Margosari Mesin adalah penyedia mesin-mesin berbasis rekayasa tepat guna, Margosari Mesin memiliki berbagai macam varian produk mesin-mesin pengolahan makanan, mesin pertanian, mesin peternakan, mesin perikanan dan mesin perkebunan. Harga yang kami tawarkan cukup terjangkau. Kualitas produk dan kepuasan pelanggan adalah prioritas utama kami,bukanlah hanya sekedar motto yang tertera dalam brosur-brosur perusahaan, akan tetapi segenap management memahami betul bahwa Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan lah yang membuat Margosari mesin ini berkembang terus dari tahun ke tahun sampai saat ini. Margosari Mesin menitik beratkan dalam memproduksi mesin-mesin industri yang di butuhkan oleh masyarakat pengusaha kecil menengah, yang bertujuan turut serta dalam meningkatkan industri masyarakat dengan menyediakan mesin-mesin industri dengan harga terjangkau. Industri masyarakat tidak tergantung lagi mesin-mesin buatan luar negeri.

CUSTOMER SERVICE

Popular Posts

 
Support : Creating Website | MARGOSARI MESIN | MARGOSARI MESIN
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. MARGOSARI MESIN - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by MARGOSARI MESIN